@Fahmy Bahmid ini statemen TPM untuk Bunny Yani :
Buni Yani tidak dikenal dalam Aksi Ummat Islam menuntut Ahok :
1) Nama Buni Yani sama sekali tidak pernah terlintas dalam fikiran ataupun perhatian para pihak yang menuntut Ahok atas dugaaan penodaan agama Islam. Kemudian menjadi tersorot karena laporan segelintir advonturir yang kemudian melaporkannya ke Polisi.
2) TPM dan berbagai Ormas Islam termasuk MUI sama sekali tidak pernah melihat video yang diedit ataupun diunggah oleh Buni Yani, entah kapan,dimana dan isinya apa. Karena yang dijadikan referensi pengambilan sikap adalah video yang diunggah oleh Pemda DKI dan disajikan secara lengkap.
3) Demikian pula, pelapor dalam Perkara Ahok mengajukan bukti rekaman video yang diunggah oleh Pemprov DKI Jakarta itu sendiri, tentang Buni Yani dikenal pun tidak.
4) Karenanya TPM melihat upaya2 untuk mengkriminalisasi Buni Yani adalah upaya pengalihan issue serta taktik lempar batu sembunyi tangan agar masalah hukum dugaan Penodaan Agama oleh Ahok menjadi kabur sehingga pihak2 yang berniat sejak awal akan melepaskan Ahok dari jerat hukum akan lebih tenang menjalankan aksinya.
6) TPM akhirnya mempelajari video yg diunggah oleh Buni Yani dan berkesimpulan hukum sbb :
6.1. Unggahan Buni Yani adalah merupakan bentuk "Citizen Joirnalism" seperti karya Jurnalisme media massa Pro Ahok yg mengambil bagian yg penting2 saja. Didalam karya ilmiah pun, sudah biasa kita mengutip sebagian kalimat dalam Buku Ilmiah,tidak satu buku kita kutip semua dan dimasukkan dalam karya ilmiah kita.
6.2. Kutipan yg diunggah Buni Yani tidak terdapat penambahan,pengurangan ataupun perubahan dari aslinya.
6.3. Pelapor Buni Yani diragukan kedudukan hukum (legal standing) nya. Juga sama sekali tidak memahami Hukum Pidana,sehingga tidak mampu sama sekali menunjuk Undang2 dan Pasal Pidana mana yang dilanggar Buni Yani.
6.4. Polisi harus menemukan saksi yang hanya melihat unggahan Buni Yani kemudian melakukan tindak pidana ataupun permusuhan. Sebaliknya kami sangat yakin,semua orang yg marah kepada Ahok kesemuanya tidak hanya melihat unggahan Buni Yani,bahkan sebagian besar yg marah tidak tahu menahu ada unggahan Buni Yani.
7) TPM memberikan dukungan penuh kepada perlawanan hukum Buni Yani beserta para Penasehat Hukumnya demi mengantisipasi model pembelaan dengan cara pengalihan issue yang terkesan Pengecut tidak berani menghadapi pokok permasalahan.

Poskan Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar template oleh johnwoodcock. Diberdayakan oleh Blogger.