FPI Online, Cirebon - Pengasuh Lembaga Pendidikan Dakwah (LPD) Al Bahjah Cirebon Buya Yahya menjelaskan tentang bagaimana hukum menjual makanan dan minuman di siang hari bulan Ramadhan.
 
Menurutnya, hukum masalah ini dipilah menjadi dua, tergantung kepada siapa menjualnya. "Jika anda menjual kepada yang wajib berpuasa maka hukumnya haram dan tidak ada berkah dalam usahanya, sia-sia," jelas Buya Yahya dalam video ceramahnya. Ahad (12/6/2016).
 
Tetapi, lanjut Buya, jika menjual kepada orang yang tidak wajib berpuasa seperti musafir atau orang sakit itu bukan haram.
 
"Jadi perlu dikembalikan kepada anda sendiri, kalau kepada tetangga yang wajib puasa anda tidak usah layani," ujarnya. 
 
"Dan kalau tidak bisa memilah itu jangan jualan di siang hari, karena ini urusan berkah," tambah Buya.
 
Jadi sederhana, kalau menjual kepada yang wajib berpuasa maka hukumnya haram. "Kita diperintahkan untuk tolong menolong dalam kebaikan dan jangan sampai tolong menolong dalam dosa, menolong orang yang tidak berpuasa maka akan mendapatkan dosa serupa," tandas Buya Yahya.

Poskan Komentar

  1. Ya ngmong emang enak. Jangan dikit2 haram. Sesak nanti nafas hidup ini. Lah itu tau niatnya jualan buat siapa. Jadi niat,allah,manusianya yang tahu allah. Manusia menilai dan cm bisa menghardik saja min

    BalasHapus
  2. Ya ngmong emang enak. Jangan dikit2 haram. Sesak nanti nafas hidup ini. Lah itu tau niatnya jualan buat siapa. Jadi niat,allah,manusianya yang tahu allah. Manusia menilai dan cm bisa menghardik saja min

    BalasHapus
  3. Alfian ridho klo ga tau hukum diem aja antum ( No Bacot ) oke..

    BalasHapus

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar template oleh johnwoodcock. Diberdayakan oleh Blogger.