FPI Online, Jakarta - Puluhan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jakarta mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mereka melakukan aksi demonstrasi menuntut Wakil Ketua KPK Saut Situmorang meminta maaf kepada HMI atas pernyataannya yang dinilai mencoreng nama himpunan mahasiswa tersebut.

Massa aksi HMI mulai tiba di depan Gedung KPK sekitar pukul 12.30 WIB. Mereka melakukan orasi meminta agar Saut keluar menemui massa aksi. "Kami minta agar Saut keluar dan meminta maaf kepada HMI," kata koordinator aksi, Aji dalam orasinya, Senin (9/5/2016).

Aji menegaskan, pengkaderan latihan kepemimpinan (LK) I di HMI tidak mengarahkan kadernya untuk menjadi koruptor. Pihaknya mendesak Saut menarik pernyataannya tentang HMI dalam sebuah acara talk show di salah satu stasiun televisi swasta di Jakarta, Kamis 5 Mei 2016 lalu.

Sekitar pukul 13.00 WIB, massa HMI lainnya datang ke Gedung KPK secara bergelombang. Merasa tuntutannya tidak digubris, mereka pun memblokade lajur jalur lambat di Jalan HR Rasuna Said dari arah Menteng menuju Mampang Prapatan.

"Saut keluar, Saut keluar, Saut keluar!" teriak massa aksi.

Sekitar pukul 13.15 WIB, massa aksi mulai membakar ban. Sementara itu, aksi dorong mendorong antara polisi dan massa aksi juga terjadi di depan gerbang utama KPK.

Dorong-mendorong berubah menjadi baku pukul. Karena tak bisa diredam, massa aksi mulai melempar batu ke arah Gedung KPK. Dua orang polisi terkena lemparan batu di kepala. Sementara itu, polisi membalas dengan tembakan gas air mata ke arah massa aksi.

Kericuhan tersebut berlangsung kurang lebih selama 15 menit. Setelah pihak polisi dan utusan HMI bertemu, dua belah pihak bersepakat menghentikan lemparan batu dan tembakan gas air mata. 

Seperti diberitakan banyak media, pernyatan itu diungkapkan Saut ketika menjadi narasumber di salah satu stasiun televisi beberapa waktu lalu.Saut mengatakan mereka orang-orang cerdas ketika mahasiswa, kalau di HMI minimal LK I tetapi ketika menjadi pejabat mereka korup dan sangat jahat.

Hingga berita ini ditulis, massa aksi HMI masih bertahan di depan Gedung KPK sambil menyampaikan orasi.

Label: ,

Poskan Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar template oleh johnwoodcock. Diberdayakan oleh Blogger.