Pemerintah Keluarkan SKB Pelarangan Aktivitas Gafatar


FPI Online, Jakarta - Pemerintah melalui Menteri Agama, Jaksa Agung dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), secara resmi mengeluarkan keputusan melarang kegiatan dan aktivitas organisasi kemasyarakatan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

Kebijakan tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) bernomor 93 tahun 2016, Kep-043/A/JA/02/2016 dan 223-865 tahun 2016.

Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Kejagung, Adi Toegarisman mengatakan keputusan bersama itu tentang perintah dan peringatan kepada mantan pengurus, mantan anggota, pengikut dan/atau simpatisan organisasi kemasyarakatan Gafatar atau dalam bentuk lainya untuk menghentikan penyebaran kegiatan keagamaan yang menimpang dari pokok agama Islam.

"Ada lima point keputusan bersama yang dikeluarkan terkait Gafatar," kata Adi di Gedung Kejagung, Kamis (24/3/2016), dikutip dari Inilah.com.

Ia menjelaskan, yang pertama itu memberi perintah dan peringatan kepada mantan pengurus, mantan anggota, pengikut dan/atau simpatisan Ormas
Gafatar atau dalam bentuk lainnya dilarang dengan sengaja dimuka umum menceritakan, menganjurkan, atau mengusahakan dukungan umum.

"Untuk melakukan penafsiran tentang suatu agama yang dianut di Indonesia atau melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan yang menyerupai kegiatan keagamaan dari agama itu, penafsiran dan kegiatan mana menyimpang dari pokok ajaran agama itu," jelasnya.

Kemudian, keputusan bersama memberi perintah dan peringatan untuk menghentikan penyebaran, penafsiran dan kegiatan yang menyimpang dari pokok ajaran Islam.

"Ketiga, jika nanti poin pertama dan kedua itu tidak diindahkan, maka dapat dikenai sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan termasuk organisasi dan badan hukumnya. Jadi bukan hanya perorangan yang disanksi, tapi badan hukum juga dengan ancaman 5 tahun," ujarnya.

Keempat, kata Adi, masyarakat diminta untuk menjaga dan memelihara kerukunan umat beragama serta ketentraman dan ketertiban kehidupan bermasyarakat dengan tidak melakukan perbuatan atau tindakan melawan hukum kepada Gafatar atau dalam bentuk lainnya. "Jika masyarakat tidak mengindahkan poin keempat, maka dapat dikenai sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," katanya.

Di samping itu, lanjut Adi, keputusan bersama memerintahkan kepada aparat pemerintah dan pemerintah daerah untuk melakukan langkah-langkah pembinaan dalam rangka pengamanan serta pengawasan pelaksanaan keputusan ini.

"Keputusan bersama ini berlaku sejak tanggal ditetapkan di Jakarta pada tanggal 29 Februari 2016, ditandatangani oleh Menteri Agama, Jaksa Agung dan Menteri Dalam Negeri," tandasnya.

Sumber : SI/adhila
Red : Abdullah 

BACA JUGA:

KOMENTAR

Nama

Dakwah,94,Headline,836,Hisbah,42,Hukum,154,Internasional,25,Kabar FPI,165,Kajian Habib Rizieq,196,Kajian Islam,63,Kemanusiaan,39,Nasional,484,Opini,83,Pernyataan Sikap,28,Tokoh,8,Video,73,
ltr
item
Front Pembela Islam: Pemerintah Keluarkan SKB Pelarangan Aktivitas Gafatar
Pemerintah Keluarkan SKB Pelarangan Aktivitas Gafatar
https://1.bp.blogspot.com/-P4zXpyN33VU/VvPn7VHMKAI/AAAAAAAABJA/7YsEjU9THF4UZiOpH67X7Xqg1pNgH9vSQ/s640/gafatar-sesat-menyesatkan_20150402_174309.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-P4zXpyN33VU/VvPn7VHMKAI/AAAAAAAABJA/7YsEjU9THF4UZiOpH67X7Xqg1pNgH9vSQ/s72-c/gafatar-sesat-menyesatkan_20150402_174309.jpg
Front Pembela Islam
http://www.fpi.or.id/2016/03/pemerintah-keluarkan-skb-pelarangan.html
http://www.fpi.or.id/
http://www.fpi.or.id/
http://www.fpi.or.id/2016/03/pemerintah-keluarkan-skb-pelarangan.html
true
2568237370309595023
UTF-8
Tampilkan Semua Tidak Ditemukan Lihat Semua Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy