FPI Online, Jakarta - Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, mengatakan, undangan Komisi III DPR kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki T. Purnama (Ahok), bukan cuma untuk membicarakan isu penertiban kawasan Kalijodo, Jakarta Utara.

Komisi III mempersoalkan langkah Ahok yang menertibkan Kalijodo dengan ribuan aparat gabungan termasuk Polri dan TNI tetapi di sisi lain membiarkan lokasi praktik prostitusi kelas mewah yang diketahui publik.

Tapi Fadli Zon juga memastikan Komisi III akan meminta penjelasan Ahok terkait dugaan kerugian daerah dalam pengalihan tanah RS Sumber Waras. Seperti diketahui, berdasarkan hasil audit BPK, pembelian lahan RS Sumber Waras pada APBD Perubahan 2014 terindikasi mengalami kerugian Rp 191 miliar.

"Masalah ini (Sumber Waras) saya kira juga terkait sejumlah peran. Termasuk bagaimana mengawasi kinerja KPK," kata Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (10/3).

Fadli mengingatkan bahwa KPK di era kepemimpinan Abraham Samad telah menerima hasil audit investigasi BPK dalam kasus Sumber Waras.

"Bagaimana KPK menindaklanjuti hasil audit ini? Apakah audit investigasi ini betul-betul bisa menemukan indikasi kerugian negara?" ungkapnya.

Dia juga menyinggung enam indikasi kerugian negara yang ditemukan oleh BPK dalam proses audit investigasi sebelum dilaporkan ke KPK.

"Pembelian (lahan senilai) Rp 755 miliar. Itu angka yang cukup besar. Untuk apa DKI beli tanah itu di lokasi yang landlock? Itu kan terkunci. Itu bukan di Kyai Tapa," selorohnya.

Menurut Fadli, dengan dana sebesar Rp 755 miliar, setidaknya ada empat rumah sakit setingkat RSUD yang bisa didirikan. Karena itu, kasus pembelian lahan Sumber Waras berpotensi dikategorikan "grand corruption".

"Lokasi yang tidak ada akses jalannya itu yang dibeli Pemprov DKI. Dalam hal ini atas negosiasi yang secara prosedur bisa disalahkan. Karena tim kan bukan individu, ada Plt Gubernur bernegosiasi dengan pemilik yayasan," jelasnya. [ald]

Sumber : RMOL
Red : Abdullah
Label: ,

Poskan Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar template oleh johnwoodcock. Diberdayakan oleh Blogger.