FPI Online, Jakarta  - Pakar hadits lulusan Universitas Al Azhar, Kairo Mesir, Dr Daud Rasyid menjelaskan bahwa dalam ajaran Islam ada tiga kelompok manusia yaitu mukminun, kafirun dan munafikun. Dan orang mukmin harus memegang kekuasaan agar bisa menjalankan seluruh ajaran Islam.

"Orang mukmin wajib memegang kekuasaan, orang mukmin tidak boleh membiarkan kekuasaan dirampas oleh kafirun dan munafikun," ujarnya saat peluncuran Konvensi Gubernur Muslim Jakarta di Aula Masjid Al Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, orang munafikun adalah orang yang berkoalisi dengan kafirun untuk memenangkan pemimpin kafirun. Allah Swt berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang kafir menjadi pemimpin dengan meninggalkan orang-orang mukmin."

Soal kepemimpinan, menurut Daud Rasyid itu juga harus sesuai asas proporsional. Wilayah mayoritas muslim tidak boleh dipimpin oleh orang diluar Islam. "Apakah mungkin misalnya gubernur di Los Angeles dari seorang muslim?" tanyanya.

"Kalau itu tidak mungkin berlaku di kalangan mereka, maka kita juga menuntut agar itu berlaku di kalangan kita, bahwa kita kaum muslimin di negeri ini tidak mengiginkan orang diluar Islam untuk menjadi memimpin," jelasnya.

Oleh karena itu ia menyerukan, "Save Jakarta, save Jakarta,"

Dr. Daud Rasyid adalah salah satu tokoh di muzakarah ulama Jakarta. Bersama para ulama lainnya ia sedang memperkenalkan program Konvensi Gubernur Muslim untuk untuk mengambil langkah yang terbaik secara konstitusional agar calon pemimpin muslim bisa memenangkan pemilihan gubernur Jakarta di masa mendatang.

Para ulama akan menampung setiap calon gubernur lalu mengikhtiarkan menjadi satu pasangan yang akan maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur DKI melalui konvensi umat Islam Jakarta. Konvensi tersebut akan melakukan uji kelayakan, uji kompetensi serta mengukur popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas seluruh peserta sesuai aturan Islam.

Sumber :  SI/ adhila

Red : Abdullah
Label: ,

Poskan Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar template oleh johnwoodcock. Diberdayakan oleh Blogger.