FPI Online, Gresik - Pengadilan Negeri (PN) Gresik menggelar persidangan kasus alas sandal bermotif ayat suci Al-Qur’an dan lafadz Allah di Jalan Raya Permata, Kecamatan Kebomas, Gresik,  Senin (22/2/2016).

Agenda utama persidangan yang diketuai majelis hakim PN Gresik Djuanto tersebut adalah mendengar pembacaan tuntutan Jaksa Penuntut Umum.

"Terdakwa Nanang Karuniwan secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja melakukan perbuatan yang bisa menimbulkan permusuhan. Terdakwa melanggar pasal 156 huruf a, Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). Sehingga menuntut hukuman pidana kepada terdakwa Nanang Karuniawan dengan hukuman penjara 1 tahun 6 bulan dikurangi selama terdakwa ditahan dan tetap ditahan setelah putusan,” kata Lila Yurifa Prihasti, Jaksa Penuntut Umum dalam persidangan tersebut.

Mendengar tuntutan ringan tersebut, anggota Front Pembela Islam (FPI) yang hadir langsung protes. Tuntutan tersebut dinilai tidak adil. Sebab, terdakwa telah melecehkan ayat suci Al-Qur’an dan nama Allah dengan memasangnya di alas sandal.

“Umat Islam tidak akan menerima. Surat Al Iklas itu dibaca tiga kali sama dengan membaca seluruh Al Quran. Maling sandal saja dihukum 5 tahun. Ada permainan apa ini semua. Kami meminta terdakwa dihukum seberat-beratnya. Pemilik perusahaan juga harus dihukum dan diadili. Perusahaannya harus ditutup,” kata Haji Ilyas, anggota DPD FPI Jawa Timur.

"Apa alasan JPU cuma menuntut terdakwa Nanang Kurniawan hanya 1 tahun 6 bulan? Andaikan JPU menuntut 5 tahun saja kita masih sakit hati, ini malah 1,5 tahun," Protes Ali Fahmi, Wakil Ketua Bidan Organisasi, DPD FPI Jawa Timur.

Sekedar diketahui, Nanang Karuniawan didakwa melakukan tindak pidana penistaan agama dengan cara membuat sandal berlafal Allah pada alas kaki sandal pada 28 Maret 2014 sampai dengan tanggal 12 Oktober 2015.

Nanang adalah karyawan PT Pradipta Perkasa Makmur (PPM), Jl Raya Wringinanom, Desa/ Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik.


Red: Farhan/dbs
Label: ,

Poskan Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar template oleh johnwoodcock. Diberdayakan oleh Blogger.