FPI Online, Riau - Sejumlah Laskar Front Pembela Islam Kabupaten Pelalawan Riau pada Rabu sore (2/9) terlihat sibuk membagikan ratusan masker kepada pengemudi kendaraan bermotor yang melintas. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian FPI atas terjadinya bencana kabut asap di Riau dan sekitarnya. Aksi serupa juga dilakukan oleh DPW FPI Kota Pekanbaru pada Jum’at pagi tadi (4/9)

Aksi simpati seperti ini rencananya juga akan dilakukan oleh DPW dan DPC FPI di kota-kota lainnya yang daerahnya terkena dampak kabut Asap. Ketua DPD FPI Riau, Ustad R. Ade Hasibuan sudah menginstruksikan agar segera membuka Posko Bencana Asap.

Hasil pantauan alat ISPU menunjukkan polusi udara di sekitar daerah Rumbai, Kota Pekanbaru, dalam level berbahaya dari pagi hingga pukul 11.00 WIB dengan kadar 477 Psi (Pollutant Standart Index).

Kondisi polusi asap berbahaya juga terjadi di Kabupaten Siak, yakni di Minas mencapai 392 Psi, Kabupaten Bengkalis di daerah Libo mencapai 304 Psi, dan Kabupaten Rokan Hilir di daerah Bangko mencapai 350 Psi.

Kemudian Kabupaten Kampar di daerah Petapahan menunjukkan polusi udara mencapai 270 Psi atau kondisi sangat tidak sehat. Kemudian polusi dalam level tidak sehat berada di area Duri Field dan Duri Camp Kabupaten Bengkalis yang masing mencapai 163 dan 148 Psi, dan Kota Dumai polusi mencapai 157 Psi yang artinya juga tidak sehat.

Diduga penyebab dari kebakaran hutan ini adalah pembakaran lahan yg sangat luas secara ilegal. baik dilakukan oleh masyarakat maupun oleh perusahaan-perusahaan Asing. Parahnya, hal ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun. [Hdd/dbs]

Poskan Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar template oleh johnwoodcock. Diberdayakan oleh Blogger.